Sebebas Apapun Kamu Jangan Sampai Keluargamu Menjadi Orang Yang Paling Menderita Karenamu




Jauh dari kedua orang tua kadang memang membuat kita merasa bebas, iya tanpa pengawasan mereka kadang ada rasa dalam diri kita bahwa kita boleh melakukan apa saja yang bisa membuat kita merasa senang atau bersenag-senang dengan teman ataupun dengan pacar.

Namun ingat sebebas apapun kamu, mau senakal apapun kamu teruslah berusaha agar keluargamu tidak ikut merasakan dampak merugikan yang telah kamu perbuat. Karena walau bagaimanapun hal itu akan menyakiti keluargamua.

Senakal-Nakalnya Kamu Jangan Pernah Kamu Membuat Keluargamu Harus Menaggung Malu Karena Perbuatanmu

rsz_wwwyoutubecom-compressed

Sebebas apapun pergaulanmu, ingatlah keluargamu hidup dengan mentaati sebuah norma yang berlaku, yang mungkin saja akan malu jika anaknya menjadi bahan gunjingan tetangganya karena disebabkan kenakalan yang kamu lakukan. Jangan sampai keluargamu harus menanggung malu karena kelakuanmu, karena itu sebebas apapun kamu tetaplah hindari melakukan hal-hal yang merugikan dirimu sendiri.

Walau Bagaimanapun Hati Kedua Orang Tuamu Akan Sakit Ketika Mendengar Kamu Menjadi Bahan Pembicaraan Karena Keburukanmu

dramabeans-compressed

Sesering apapun kedua orang tuamu memarahimu kamu tetap anak emas bagi mereka, sesering apapun kedua orang tuamu membanding-bandingkan kamu dengan tetanggamu yang lebih baik, kamu tetap yang terbaik bagi mereka. Mereka tetap tidak ingin kamu menjadi bahan pembicaan karena keburukan yang telah kamu dan mereka juga akan merasakan sakit ketika kamu menjadi bahan pembicran negatif dari tetaggamu.

Kamu Bebas Berpacaran Dan Bergaul Dengan Siapapun Tapi Tetaplah Menjaga Martabat Keluargamu

dramabeans

Kamu bebas berpacaran dengan siapun semaunya kamu, kamu bebas berteman dengan siapapun yang kamu suka. Tsebebas apapun gaya berpacaranmu dan sebebas apapun pergaulan pertemananmu, kamu tetap punya kewajiban untuk menjaga martabat keluargamu. Hindari sesutu yang akan merugikanmu dan membuat lingkunganmu mengecak negatif keluragamu. Agar keluargamu tidakharus menanggung malu atas kebebasanmu.

Kamu Boleh Mencari Kesenanganmu Dengan Cara Apapun Tapi Jangan Sampai Caramu Itu Merugikan Keluargamu

rsz_hancinema-compressed

Malu, iya merasa malu menjadi gunjingan tetangga adalah sesuatu yang sangat ingin dihindari oleh setiap keluarga, apalagi gunjingan itu disebabkan oleh perbuatanmu. Bukan karena mereka tak ingin terlihat tercela ketika menjadi bahan omongan hanya saja mereka tidak ingin anaknya menjadi bahan celaan orang banyak.

Karena itu jangan sampai caramu mencari kesenangan dan kebahagianmu itu menggunakan cara yang salah yang pada akhirnya kedua orang tuamu harus menanggung penderitaan.

Kalaupun Kamu Sendiri Yang Merasakan Dampak Negatifnya, Itu Tidak Berarti Bahwa Keluargamu Tidak Sakit

www-dramabeans-com

Mungkin dampak negatif atas kebebasan yang kamu lakukan kamu sendiri yang mengalaminya, namun jika kamu tampak menyedihkan tetap saja itu akan melukai dan bisa membuat keluargamu menderita. Orang tuamu ikut merasakan apa yang kamu rasakan, kalau kamu bahagia, mereka juga akan bahagia, jika kamu sedih mereka juga akan merasa sedih karena merasa gagal mendidikmu.