Masa Lalu Tak Bisa Diubah, Dilupakan Atau Dihapus; Itu Hanya Bisa Diterima




Tidak ada satu orangpun yang tidak memiliki masa lalu, sebagian dari mereka ada yang bahagia, menyesal atau bahkan ingin melupakannya. Entah karena alasan menyesal atau karena merasa malu dengan semua masa lalunya itu, namun ada pula yang ingin mengenangnya karena sangat mencintai masa lalunya.

Mereka yang ingin lari dari masa lalunya tidak sadar bahwa masa lalu itu walau bagaimanapun tidak akan pernah bisa dihapuskan atau dilupakan. Namun jangan pernah biarkan masa lalumu itu mampu mendefinisikan kamu saat ini.

Masa Lalu Cukup Kamu Syukuri, Karna Setiap Hal Yang Pernah Kamu Lewati Selalu Ada Pembelajaran Untuk Lebih Baik Lagi

berselemak-compressed

Seburuk apapun masa lalu yang sangat ingin kamu lupakan itu pasti mampu memberikan pembelajaran sendiri serta menjadi pengingat untukmu agar kamu tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dan agar kamu terus memperbaiki kualitas dirimu sendiri.

Masa Lalu Hanyalah Sejarah Dan Bukti Bahwa Kau Pernah Disana. Belajarlah Dari Sejarah Maka Akan Kau Ukir Sejarah Yang Jauh Lebih Indah

www-compressed

Tidak perlu takut dengan masa lalumu yang seakan bisa membunuhmu, masa lalu itu hanya kenangan. Jika kamu pandai memanfaatkan kenangan yang menurutmu buruk itu maka kamu akan bisa mencimpatakn kenangan baru lagi yang menunjukkan bahwa kamu sudah lebih baik dan telah berubah dari sebelumnya.

Kesalahan Masa Lalu Adalah Petunjuk Untuk Kebenaran di Masa Yang Akan Datang

dantri-compressed

Entah seberat apa kesalahan yang telah kamu lakukan entah kamu merasa tidak pantas untuk dimaafkan atau tidak, namun tetap saja masa lalumu itu bisa kamu jadikan petunjuk untuk mengubahmu dimasa depan. Yang akan selalu menjadi tombol pengingat jika kamu melakukan kesalahan kelak di masa depan kamu akan menyesalinya.

Masa Lalu Adalah Tempat Yang Baik Untuk Dikunjungi, Namun Ia Bukan Tempat Yang Cocok Untuk Ditinggali

soha-compressed

Mengingat-ngingat masa lalu itu artinya kamu kembali pulang pada masa lalumu, tak ubahnya pulang ketempat dimana kamu tinggal. Entah itu karena kamu sedang merindukan masa lalu atau ingin belajar dari masa lalumu.

Namun ingat satu hal seberapa bahagianya kamu dimasa lalu, sebesar apapun keinginanmu untuk tinggal, masa lalu bukanlah tempat yang cocok untuk kamu tinggali dan kamu bawa ke masa sekarang atau masa depan.

Masa Lalu Datang Untuk Mengingatkanmu Namun Bukan Untuk Menjadikanmu Sebagai Wujud Darinya

citizen6.liputan6.com

Jika pun tiba-tiba kenangan masa lalu mengingatkanmu untuk melihat kebelakang, itu bukan berarti mereka ingin kamu hidup atau menjadi seperti pada saat masa lalumu. Mereka hanya mengingatkan akan masa lalu yang pernah kamu lakukan bukan untuk menjakmu untuk kembali melakukan hal yang sama seperti dulu lagi.

Terima Masa Lalu Mu Tanpa Menyesali Atur Masa Sekarang Dengan Bijak Dan Benar Hadapi Masa Depanmuu Tanpa Rasa Takut

bloggermagasinet-compressed (1)

Biarkan masa lalu itu ada di belakang, dan biarkan masa depan kita datang. Tidak perlu menyesali apa yang pernah terjadi, karena kalau bukan karena pernah mengalami hal-hal tertentu kamu tidak akan belajar hal-hal yang baru.

Masa lalu itu ada dibelakang dan tidak perlu takut sesuatu yang kamu lakukan dimasa lalu bisa menghalangimu untuk menjadi lebih baik. Tidak perlu berusaha keras untuk melupakan karena kenangan punya cara sendiri untuk menghilang.