Kamu Punya Satu Dari 12 Hobi Ini? Berarti Sudah Bisa Menghasilkan Uang Sendiri




Hobi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Atau bisa dikatakan hobi adalah pekerjaan yang paling disenangi dan rutin dilakukan sehingga dijadikan kebiasaan. Namun pada jaman sekarang ini banyak sekali pekerjaan utama yang berasal dari hobi. Alasannya pun sederhana, karena hobi ternyata juga bisa menghasilkan uang.

Nah, sebagai anak muda yang kreatif, tentunya kamu bakal memanfaatkan hobi kamu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih, dan kamu juga tidak akan cepat bosan dalam melakukannya karena hal tersebut adalah hal yang kamu suka dan senangi.

1. Menulis

Menulis

Kamu mencintai menulis dan melakukannya setiap hari?, jika iya. Maka kamu yang punya hobi ini bisa memanfaatkannya menjadi pundi-pundi uang. Kamu dapat menulis cerita, opini, artikel sesuai yang kamu suka dan kamu cukup berpengalaman di situ, setelah itu kamu bisa mengirimkannya ke berbagai media yang baik cetak dan online, maka kamu akan mendapatkan upah dari media tersebut.

Atau jika kamu mampu untuk menerbitkan berbagai macam buku, jangan ragu untuk menerbitkannya ke penerbit-penerbit baik indie atau major. Bukankah keren jika melihat bukunya mejeng di toko buku?

2. Memotret

Memotret

Bagi kamu pecinta fotografi, ada banyak sekali pundi-pundi uang yang bisa kamu dapatkan dari kemampuan kamu yang satu ini. Kamu bisa menjual karya-karya kamu, mengikuti berbagai ajang lomba atau membuat sebuah pameran foto sendiri. Banyak sekali fotografer yang sudah sukses dari hasil jepretannya. Apalagi jaman sekarang memotret bukan lagi hal yang mahal dilakukan. Dengan gadget canggih kamu, kamu bisa mengambil foro sebagus fotografer profesional

3. Melukis

Melukis

Tidak jauh berbeda dengan menulis atau memotret, melukis juga menghasilkan karya yang dapat menggemparkan dunia dan bernilai hingga ratusan saja. Sudah terbukti banyak karya mereka yang hasilkan dari melukis. Melukis tidak hanya menggoreskan cat diatas kanvas, tapi juga mempunyai keindahan dan karakter sendiri, sehingga harganya pun bisa menjulang tinggi.

4. Musik , Menyanyi dan Menari

Musik , Menyanyi dan Menari

Kamu suka mengikuti ekstrakulikuler musik atau tari di sekolah atau kampus mu, atau kamu punya band sendiri? Jika iya dan kamu serius menekuni maka musik kamu bisa mendapatkan apresiasi yang luar biasa bahkan menghasilkan uang yang tidak sedikit, ada banyak sekali musisi Indonesia yang sudah menunjukkan bagaimana hasilnya jika kamu punya hobi di bidang ini. Selain bermusik, menyanyi dan menari juga bisa

menghasilkan uang. Apalagi gaya menari sekarang ini lebih modern dan mengikuti perkembangan jaman. Kamu dapat melatih kemampuan menari mu lewat youtbe atau mengikuti kelasnya. Kemudian, dengan suara merdu dan gerakan elegan, kamu bisa membuat orang terpana dan mengakui kehebatan kamu.

5. Memasak

Memasak

Memasak, sekarang ini bukan lagi kegiatan ibu-ibu rumah tangga, anak muda sekarang ini juga bisa memanfaatkan hobi ini untuk mendapatkan penghasilan. Misal dengan mebuat jajanan-jajanan atau kue dan menjualnya di kampus atau sekolah kamu. Kamu juga bisa ikut berbagai ajang lomba masak untuk semakin melatih skill. Dan jika beruntung, mendapatkan juara dan hadiah yang bernilai besar.

6. Travelling

Tevelling

Ini nih gayanya anak muda sekarang, yang suka Bolang ke berbagai tempat. Mulai dari nge-camp, hiking, atau sekedar jalan-jalan ke tempat pariwisata. Jika kamu memang punya hobi itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Jika kemampuan bahasa inggris kamu baik, kamu bisa tiba-tiba menjadi guide di tempat yang kamu kunjungi. Jika kamu suka memotret kamu bisa mengabadikan apa saja yang kamu temui dan menjualnya atau kamu masukkan dalam blog pribadi kamu. Atau kalau kamu bisa menulis kisah travelling kamu dan mengirimkannya ke berbagai media. Kamu akan mendapatkan uang yang lumayan dari hobi kamu itu.

7. Melayout atau Mendesign

Melayout atau Mendesign

Bagi pecinta Corel Draw dan Photoshop, jangan sia-siakan hobi kamu, karena kamu juga bisa mendapatkan uang dari hobi yang satu ini. Kamu bisa bekerja sama dengan suatu instansi, perusahaan atau penerbit, atau jika kamu mau kamu dapat mempromosikan dirimu sendiri. Kamu juga bisa mengikuti berbagai ajang lomba layout dan design.

8. Menggambar Karikatur

Menggambar Karikatur

Berbeda dengan melukis yang lebih mementingkan unsur keindahan dalam garis dan coretan. Membuat karikatur atau kartun dapat menghasilkan uang juga lewat suatu rangkaian cerita yang ingin dilukiskan. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang hebat dalam merangkai cerita dan kamu sendiri yang menggambarnya. Atau jika kamu bisa, kamu bisa membuat sendiri cerita kamu dengan kartunmu. Ada banyak situs yang menghasilkan pundi-pundi uang lewat karya kartunmu seperti webtoon. Atau kalau kamu mau kamu juga bisa mengirimkannya ke Koran atau majalah terkenal.

9. Belanja

Belanja

Bagi para cewek-cewek yang suka berbelanja, ternyata belanja itu tidak hanya menghambur-hamburkan uang, kamu juga bisa mengambil manfaat dari sifat gila belanja kamu menjadi pundi-pundi uang. Pertama, kamu dapat menjual kembali barang-barang belanjaanmu dengan harga yang lebih mahal. Kedua, kamu bisa bekerja sama dengan toko offline atau online yang sudah kamu percaya untuk menjadi dropshipper. Biasanya mereka akan memberikan harga miring buat kamu yang sudah berlangganan.

10. Bergosip atau Berorator

Bergosip atau Berorator

Gosip adalah kebiasaan atau hobi yang biasanya dinilai buruk, tapi walaupun begitu bergosip bisa dijadikan kesempatan buat kamu untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tentu saja kamu bisa mendaftarkan diri sebagai seorang pembawa berita entertainment atau berita nasional atau lokal seputar Indonesia. Dengan kemampuan kamu itu, kamu bisa saja lulus dengan mudah dalam testnya.

Berorator memiliki kemampuan untuk mengajak orang lain mengikuti atau mendukung pendapatnya, kamu bisa menjadi seorang motivator dengan kemampuan kamu menjadi seorang orator yang handal.

11. Membaca

membaca

Hobi yang satu ini adalah hobi paling mainstream yang sering disebutkan ketika seseorang ditanya, apa hobinya? Ya.. membaca adalah hobi yang banyak digandrungi oleh masyarakat, walaupun kenyataannya masih terlampau sedikit. Ada banyak sekali manfaat membaca, salah satunya menghasilkan pundi-pundi uang. Kamu punya bakat story telling atau pendongeng, tentunya sebelum melakukan hal tersebut kamu harus sering atau lebih banyak membaca buku bukan? Atau ketika kamu akan membuat karya besar, membaca adalah hal pertama yang harus kamu lakukan.

12. Menjahit

Menjahit

Kamu yang sukanya mendesign baju-baju sendiri, bahkan membuat baju hingga jadi. Jangan hanya diamin karya kamu itu buat diri kamu sendiri. Coba kamu foto baju-baju kamu yang keren itu ke sosial media atau nawarin langsung modelnya ke temen-temen kamu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari itu. Dan mungkin saja, tawaran jadi desainer akan segera mendatangi kamu.