Dia Mencintaiku atau Hanya Peduli Padaku?

  • 4.7K
    Shares

Perasaan cinta selalu datang dari mana saja, bahkan seorang bisa saja mudah merasa mendapatkan cinta dari orang lain. Padahal rasa cinta yang diberikan bukan sebenarnya cinta, tapi rasa peduli, ingin memberikan perhatian dan rasa sayang. Sehingga banyak orang yang merasa kebingungan dalam membedakan 2 perasaan ini. oleh sebab itu, banyak anak muda sekarang yang sering merasa kepedean saat orang lain peduli atau perhatian kepadanya.

Mereka berpikir bahwa orang itu menyukainya dan mencintainya. Sehingga apabila perasaan itu tidak sesuai yang mereka harapkan rasa sakit yang hanya akan mereka terima. Tentu saja ini sangat menyakitkan, tapi itu yang banyak terjadi di kehidupan anak muda. Sehingga kita sendiri harus berhati-hati dalam menentukan perasaan cinta ataukah peduli, atau terburuknya hanya nafsu yang sebenarnya kita terima sekarang.

Cinta dan Peduli itu Membahagiakan

Cinta dan Peduli itu Membahagiakan

“Cinta dan nafsu adalah dua mata koin yang sama, cinta sisi positif dan nafsu sisi negatifnya”

Cinta itu adalah perasaan yang dapat membuat orang lain bahagia, bukan bersedih apalagi hingga meneteskan air mata. Cinta itu membuat orang yang kita cintai tersenyum, hal ini sama dengan sikap peduli. Sikap peduli juga memberikan perasaan bahagia terhadap orang yang dipedulikan, keduanya sama-sama menunjukkan rasa sayang. Tapi tentu saja, rasa bahagia dari cinta melebihi rasa peduli semata. Seseorang yang mencinta pasti akan peduli, tapi orang yang peduli belum tentu mencintai, mereka hanya perhatian dan menyayangi kita. Sedangkan nafsu sendiri hanya terbatas pada perasaan ingin memiliki secara fisik dan akhirnya banyak yang mengecewakan pasangannya.

Cinta Tak Terbatas, Sedangkan Peduli ada Batasannya

cinta tak terbatas sedangkan peduli ada batasannya

“Dia membuatku tersenyum, tapi tak selalu”

Saat seseorang memperdulikan kita, dia akan selalu ada saat kita membutuhkannya, dia akan menyemangati, memberikan perhatian dan menunjukkan rasa sayangnya. Tapi berbeda dengan cinta yang bahkan akan selalu memberikan apapun tanpa kita minta, peduli juga memiliki batasannya. Cinta akan selalu memberikan yang terbaik dan sepenuh hati, tidak cukup hanya membuat kita tersenyum, bahkan hingga kita merasa benar-benar puas dan bahagia. Peduli memang akan selalu ada untuk kita, tapi cinta tidak hanya ada, tapi berusaha memperlihatkan mereka memang ada untuk kita.

Peduli Karena Sesuatu

Peduli Karena Sesuatu

“Cinta itu hanya memberi, tapi peduli?”

Cinta akan memberikan apapun tanpa diminta dan tidak akan meminta balasan apapun kepada kita. Bahkan banyak para pejuang cinta yang mengorbankan diri dan tetap tersenyum saat mereka jatuh, atau keadaan tak sesuai dengan harapan mereka. Mereka mungkin akan

menangis sedih ketika berhadapan dengan dirinya, tapi tetap mencoba senyum di depan orang yang mereka cintai. Sedangkan peduli biasanya karena pada dasarnya ada sesuatu yang menyebabkan hal tersebut, mungkin memang karena perasaan cinta. Atau bisa jadi karena ada balasan atas kebaikan yang kita berikan. Rasa peduli karena mengasihi, atau karena ada harapan yang ingin mereka dapatkan dari kita. Sehingga peduli tidak sepenuhnya memberi, tapi juga meminta sesuatu pada kita.

Cinta Hanya Untuk Satu Orang, Sedang Peduli Untuk Semua Orang

cinta hanya untuk satu orang sedang peduli untuk semua orang

“Aku mengasihi semua orang, peduli dan menyayangi mereka dalam porsi yang sama”

Seseorang yang memiliki rasa peduli yang tinggi akan memberikan rasa adil pada semua orang didekatnya, tidak ada “aku hanya untuk kamu” dalam kamus mereka. Mereka akan membantu siapapun, menyemangati siapapun, memberikan rasa sayang kepada setiap orang. Mereka akan berusaha membantu siapapun yang membutuhkan bantuan mereka sekuat tenaga. Dalam hidup mereka biasanya melihat orang lain bahagia karena mereka adalah prioritas utama. Sedangkan cinta yang sebenarnya hanya diberikan kepada satu orang saja dalam hidupnya. Mereka benar-benar memberikan seluruh rasa peduli terbesarnya kepada orang yang mereka cintai, sedangkan orang lain mendapatkan porsi yang sama dan sewajarnya.

Cinta dan Peduli Saling Terkait

cinta dan peduli saling terkait

“Aku mencintaimu, sehingga pasti aku peduli padamu”

Sebenarnya rasa cinta dan peduli saling terkait satu sama lain, seseorang yang mencintai mereka pasti akan punya rasa peduli, sedangkan orang yang peduli juga terkadang juga memberikan rasa cinta mereka kepada orang lain. Namun, tentu saja, rasa cinta memiliki tingkat kepedulian yang lebih tinggi daripada rasa peduli yang sebenarnya. Sayangnya, pada jaman sekarang ini, rasa peduli itupun akhirnya akan hilang jika hubungan kisah cinta mereka berakhir. Sedangkan jika dari awal rasa peduli yang ditanamkan maka walaupun hubungan terpisah, rasa peduli itu akan tetap ada.

Seseorang yang peduli, tahu kapan mereka akan menyampaikan kepedulian mereka dan tahu batasan kepedulian mereka. Cinta tetap menjadi prioritas utama melebihi rasa peduli itu sendiri. Tinggal kita sendiri yang lebih bijak dalam menanggapi perlakuan orang lain. Jangan sampai karena kepedean kita, orang yang awalnya peduli malah semakin menjauh, karena memperlihatkan batasan rasa pedulinya. Atau canggung karena takut sikap pedulinya akan menyakiti kita.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *